Pages - Menu

Wednesday, September 11, 2013

E-business dan perkembangannya



Definisi e-Bussiness

e-business merupakan penggunaan internet dan jaringan lain serta teknologi informasi untuk mendukung e-commerce, komunikasi perusahaan dan proses bisnis web, dimana keduanya berada dalam jaringan perusahaan dan dengan pelanggan dan rekan bisnis. E-bussiness meliputi e-commerce, yang mana melibatkan pembelian dan penjualan dan pemasaran, serta servis produk, servis dan informasi pada internet dan jaringan. (0’Brien dan Marakas, 2006, p214)

E-business merupakan suatu definisi yang lebih luas dari e-commerce, tidak hanya sekedar menjual-membeli, tetapi juga melayani dan berkolaborasi dengan partner bisnis lainnya, dan membawakan transaksi secara elektronik dalam sebuah perusahaan. (Turban, 2003, p5)



Growth of Bussiness

Software Bisnis Aplikasi
Ribuan perangkat lunak khusus, yang tersedia untuk mendukung spesifik aplikasi pengguna akhir, dalam bisnis dan bidang lainnya. Sebagai contoh, aplikasi perangkat lunak pendukung bisnis rekayasa ulang, dan otomatisasi proses bisnis, dengan e-bisnis aplikasi strategis, seperti Customer Relationship Management (CRM), Enterprise Resource Planning (ERP), dan Supply Chain Management (SCM). Contoh lainnya adalah perangkat lunak yang dapat dioperasikan di Web, seperti E-Commerce, atau dalam berbagai area fungsional seperti Manajemen Sumber Daya Manusia, Akuntansi dan Keuangan. Masih ada software lain yang memberdayakan manajer bisnis dan praktisis dengan alat pendukung keputusan, seperti data mining, portal informasi perusahaan, atau Sistem Manajemen Pengetahuan.

Nilai Bisnis Internet
Berapa banyak perusahaan yang menerima nilai bisnis dari Internet untuk E-Commerce. Penghematan biaya yang substansial, dapat diperleh karena aplikasi, yang menggunakan Internet, dan teknologi berbasis internet (seperti intranet dan ekstranet) lebih murah untuk dkembangkan, dijalankan, dan dipelihara daripada sistem tradisional. Sebagai contoh, American Airline menghemat uang setiap kali pelangganmenggunakan situs Web, bukan sistem telepon dukungan mereka.
Sumber bisnis lainnya, mencakup perolehan pelanggan baru, dengan produk dan pemasaran, yang inovatif, dan mempertahankan pelanggan, saat ini dengan perbaikan dukungan, dan layanan pelanggan. Tentu saja, peningkatan pendapatan, melalui aplikasi E-Commerce merupakan sumber utama dari nilai bisnis. Kebanyakan, perusahaan membangun situs Web E-Bisnis dan E-Commerce, untuk mencapai enam nilai bisnis utama, yaitu :
a)      Menghasilkan pendapatan baru dari berlualan online.
b)      Mengurangi biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan.
c)      Menarik pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran Web serta berjualan online.
d)      Meningkatkan loyalitas pelanggan, melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan Web.
e)      Mengembangkan pasar baru berbasis Web, dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini.
f)       Mengembangkan produk barus berbasis informasi yang dapat diakses di Web.

Tren Aplikasi Bisnis
Perubahan dalam teknologi dan industri telekomunikasi yang baru disebutkan menyebabkan perubahan yang signifikan dalam pengunaan telekomunikasi di dunia bisnis. Tren ke arah lebih banyak pemasok, jasa, teknologi, internet, dan ssitem terbuka, serta pertumbuhan yang sangat pesat, dari Internet, World Wide Web, serta ikstranet, dan intranet perusahaan, secara dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi yang dapat digunakan. Hasilnya, saat ini, jaringan telekomunikasi, memainkan peran penting dan meluas, dalam proses E-Bisnis berbasis Web, E-Commerce, kerja sama perusahaan, dan aplikasi bisnis lainya, yang mendukung tujuan strategis, manajemen dan operasional, baik di perusahaan besarmaupun perusahaan kecil.

Membangun Bisnis Pelanggan Terfokus
Teknologi internet dapat membuat pelanggan menjadi titik fokus dari manajemen hubungan pelanggan (CRM), e-bisnis dan aplikasi lainnya. . Sistem CRM sistem, Internet, intranet dan extranet. menciptakan saluran baru untuk komunikasi interaktif dalam perusahaan dan pelanggan, dan dengan pemasok, mitra bisnis, dan lain-lain di lingkungan eksternal. Hal ini memungkinkan interaksi terus menerus dengan pelanggan untuk fungsi bisnis yang paling dan mendorong lintas-fungsional kerjasama dengan pelanggan dalam hal pengembangan produk, pemasaran, pengiriman, pelayanan dan dukungan teknis.
Biasanya, pelanggan menggunakan Internet untuk membuat pengaduan mengajukan pertanyaan, mengevaluasi produk, meminta dukungan, serta membuat dan melaporkan pembelian mereka. Dengan menggunakan internet dan intranet perusahaan, ahli dalam berbagai fungsi bisnis dalam semua kontribusi dapat memberi perusahaan dari suatu respon yang efektif. Hal ini mendorong penciptaan lintas-fungsional diskusi kelompok dan pemecahan masalah tim yang dibentuk oleh keterlibatan pelanggan, pelayanan dan dukungan kepada pelanggan. Bahkan Intrernet dan dukungan intranet kepada para pemasok dan mitra bisnis dapat digunakan untuk mendaftarkan mereka dengan cara tertentu untuk memastikan pengiriman tepat waktu atau berbagai komponen dan layanan berkualitas untuk memenuhi komitmen perusahaan kepada pelanggannya. Ini adalah bagaimana bisnis menunjukkan fokus pada nilai bagi pelanggan.

REFERENCES :
-          O'Brien, James A., Marakas, George M. (2008). Management Information System. 8th Edition. McGraw Hill, New York
-          Turban, E. and Aronson, J. E. (2001). Decision  Support  and  Intelegent  Systems, (6 th ed.) Prentice-Hall Inc, New Jersey.
-          https://www.facebook.com/elbiznis/timeline (diakses pada 11 september 2013 / pkl 18:19)

No comments:

Post a Comment