Definisi e-Bussiness
e-business merupakan penggunaan
internet dan jaringan lain serta teknologi informasi untuk mendukung e-commerce, komunikasi perusahaan dan
proses bisnis web, dimana keduanya berada dalam jaringan perusahaan dan dengan
pelanggan dan rekan bisnis. E-bussiness meliputi e-commerce, yang mana
melibatkan pembelian dan penjualan dan pemasaran, serta servis produk, servis
dan informasi pada internet dan jaringan. (0’Brien dan Marakas, 2006, p214)
E-business merupakan suatu definisi
yang lebih luas dari e-commerce, tidak
hanya sekedar menjual-membeli, tetapi juga melayani dan berkolaborasi dengan
partner bisnis lainnya, dan membawakan transaksi secara elektronik dalam sebuah
perusahaan. (Turban, 2003, p5)
Growth of Bussiness
Software Bisnis Aplikasi
Ribuan
perangkat lunak khusus, yang tersedia untuk mendukung spesifik aplikasi
pengguna akhir, dalam bisnis dan bidang lainnya. Sebagai contoh, aplikasi
perangkat lunak pendukung bisnis rekayasa ulang, dan otomatisasi proses bisnis,
dengan e-bisnis aplikasi strategis, seperti Customer Relationship Management
(CRM), Enterprise Resource Planning (ERP), dan Supply Chain Management (SCM).
Contoh lainnya adalah perangkat lunak yang dapat dioperasikan di Web, seperti
E-Commerce, atau dalam berbagai area fungsional seperti Manajemen Sumber Daya
Manusia, Akuntansi dan Keuangan. Masih ada software lain yang memberdayakan
manajer bisnis dan praktisis dengan alat pendukung keputusan, seperti data
mining, portal informasi perusahaan, atau Sistem Manajemen Pengetahuan.
Nilai Bisnis Internet
Berapa banyak
perusahaan yang menerima nilai bisnis dari Internet untuk E-Commerce.
Penghematan biaya yang substansial, dapat diperleh karena aplikasi, yang
menggunakan Internet, dan teknologi berbasis internet (seperti
intranet dan ekstranet) lebih murah untuk dkembangkan, dijalankan, dan
dipelihara daripada sistem tradisional. Sebagai contoh, American Airline
menghemat uang setiap kali pelangganmenggunakan situs Web, bukan sistem telepon
dukungan mereka.
Sumber
bisnis lainnya, mencakup perolehan pelanggan baru, dengan produk dan pemasaran,
yang inovatif, dan mempertahankan pelanggan, saat ini dengan perbaikan
dukungan, dan layanan pelanggan. Tentu saja, peningkatan pendapatan, melalui
aplikasi E-Commerce merupakan sumber utama dari nilai bisnis. Kebanyakan,
perusahaan membangun situs Web E-Bisnis dan E-Commerce, untuk mencapai enam
nilai bisnis utama, yaitu :
a) Menghasilkan
pendapatan baru dari berlualan online.
b) Mengurangi
biaya transaksi melalui penjualan online dan dukungan pelanggan.
c) Menarik
pelanggan baru melalui iklan dan pemasaran Web serta berjualan online.
d) Meningkatkan
loyalitas pelanggan, melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan Web.
e) Mengembangkan
pasar baru berbasis Web, dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini.
f) Mengembangkan
produk barus berbasis informasi yang dapat diakses di Web.
Tren Aplikasi Bisnis
Perubahan
dalam teknologi dan industri telekomunikasi yang baru disebutkan menyebabkan
perubahan yang signifikan dalam pengunaan telekomunikasi di dunia bisnis. Tren
ke arah lebih banyak pemasok, jasa, teknologi, internet, dan ssitem terbuka,
serta pertumbuhan yang sangat pesat, dari Internet, World Wide Web, serta
ikstranet, dan intranet perusahaan, secara dramatis meningkatkan jumlah
aplikasi telekomunikasi yang dapat digunakan. Hasilnya, saat ini, jaringan
telekomunikasi, memainkan peran penting dan meluas, dalam proses E-Bisnis
berbasis Web, E-Commerce, kerja sama perusahaan, dan aplikasi bisnis lainya,
yang mendukung tujuan strategis, manajemen dan operasional, baik di perusahaan
besarmaupun perusahaan kecil.
Membangun Bisnis Pelanggan Terfokus
Teknologi
internet dapat membuat pelanggan menjadi titik fokus dari manajemen hubungan
pelanggan (CRM), e-bisnis dan aplikasi lainnya. . Sistem CRM sistem, Internet,
intranet dan extranet. menciptakan saluran baru untuk komunikasi interaktif
dalam perusahaan dan pelanggan, dan dengan pemasok, mitra bisnis, dan lain-lain
di lingkungan eksternal. Hal ini memungkinkan interaksi terus menerus dengan
pelanggan untuk fungsi bisnis yang paling dan mendorong lintas-fungsional
kerjasama dengan pelanggan dalam hal pengembangan produk, pemasaran,
pengiriman, pelayanan dan dukungan teknis.
Biasanya,
pelanggan menggunakan Internet untuk membuat pengaduan mengajukan pertanyaan,
mengevaluasi produk, meminta dukungan, serta membuat dan melaporkan pembelian
mereka. Dengan menggunakan internet dan intranet perusahaan, ahli dalam
berbagai fungsi bisnis dalam semua kontribusi dapat memberi perusahaan dari
suatu respon yang efektif. Hal ini mendorong penciptaan lintas-fungsional
diskusi kelompok dan pemecahan masalah tim yang dibentuk oleh keterlibatan
pelanggan, pelayanan dan dukungan kepada pelanggan. Bahkan Intrernet dan
dukungan intranet kepada para pemasok dan mitra bisnis dapat digunakan untuk
mendaftarkan mereka dengan cara tertentu untuk memastikan pengiriman tepat
waktu atau berbagai komponen dan layanan berkualitas untuk memenuhi komitmen
perusahaan kepada pelanggannya. Ini adalah bagaimana bisnis menunjukkan fokus
pada nilai bagi pelanggan.
REFERENCES :
-
O'Brien, James A., Marakas, George M. (2008). Management
Information System. 8th Edition. McGraw Hill, New York
-
Turban, E. and Aronson, J. E. (2001). Decision Support
and Intelegent Systems, (6 th ed.) Prentice-Hall Inc,
New Jersey.
-
https://www.facebook.com/elbiznis/timeline
(diakses pada 11 september 2013 / pkl 18:19)
No comments:
Post a Comment