Kelompok Proses
Manajemen Proyek :
-
Proses
merupakan serangkaian tindakan yang diarahkan untuk hasil tertentu
-
Manajemen
proyek dapat dipandang sebagai sejumlah
proses yang terkait
-
Kelompok
kelompok Manajemen proyek :
1. Proses
Inisiasi (Initiating Process)
2. Proses
Perencanaan (Planning Process)
3. Proses
Eksekusi (Executing Process)
4. Proses
Pengawasan (Monitoring Process)
5. Proses
Penutupan (Closing Process)
1. Inisiasi
Proyek (Project Intitiating Process)
-
Inisiasi
proyek termasuk megenali dan memulai suatu proyek baru atau dase proyek
-
Beberapa
organisasi menggunkan fase pra-inisiasi, sedangkan yang lain termasuk item-item
sepertu mengembangkan business use case sebagai bagian inisiasi.
-
Tujuan
utama à secara formal mmenseleksi dan memulai proyek
-
Keluaran
kunci termasuk :
§
Penugasan
pimpinan proyek
§
Identifikasi
stakeholder kunci
§
Menyelesaikan
business case
§
Menyelesaikan
project charter dan memperoleh tanda tangan
-
Dokumen
– dokumen inisiasi proyek
§
Business
case
§
Project
charter
§
Tiap
organisasi memiliki variasi sendiri dari diokumen apa yang dibutuhkan untuk
menginisiasi suatu proyek. Penting untuk mengidentifikasi kenbutuhan proyek.
Stakeholders dan tujuan utama.
2. Perencanaan
Proyek (Project Planning Process)
-
Keperluan
utama perencanaan proyek untuk mamandu eksekusi
-
Setiap
bidang pengetahuan termasuk informasi perencanaan
-
Keluaran
kunci termasuk dalam proyrk yaitu :
§
Kontak
tim
§
Pernyataan
scope
§
Work Breakdown Structure (WBS)
§
Jadwal
proyek dalam format gantt chart dengan semua ketergantungan dan sumber daya
dimasukkan
3. Eksekusi
Proyek (Project Executing Process)
-
Eksekusi
proyek à paling banyak memakan waktu dan sumber daya
-
Pimpinan
proyek harus menggunakan kepemimpinannya untuk menangani banyak tantangan yang
terjadi selama eksekusi proyek.
-
Laporan
Milestone dapat menjaga focus pada penyelesaian milestone utama
4. Pemantauan
dan Pengendalian Proyek (Project Monitoring and Controlling Process)
-
Melinatkan
pengukuran kemajuan ke arah objektif proyek, memantau deviasi dari rencana dan
mengambil tindakan korektif untuk mencocokkan kemajuan dengan rencana semula.
-
Mempengaruhi
seluruh kelompok proses lain dan terjadi dalam seluruh fase siklus hidup tiap
proyek
-
Keluaran
termasuk : Laporan Kinerja, perubahan-perubahan yang diminta, dan update
terhadap rencana yang beragam
5. Penutupan
Proyek
-
Melibatkan
penguatan stakeholder dan penerimaan customer pada hasil dan layanan final
-
Bahkan
jika proyek tidak selesai, mereka harus secara formal menutup proyek agar mencerminkan
apa yang dapat dipelajari untuk memperbaiki proyek berikutnya (evaluasi)
-
Keluaran
termasuk : arsip proyek, dan lesson
learned, yang merupakan bagian asset proses organisasional
-
Kebanyakan
proses juga termasuk laporan final presentasi kepada sponsor atau manajemen
senior
No comments:
Post a Comment