Pages - Menu

Wednesday, February 26, 2014

Kelompok - Kelompok Proses Manajemen Proyek



Kelompok Proses Manajemen Proyek :
-          Proses merupakan serangkaian tindakan yang diarahkan untuk hasil tertentu
-          Manajemen proyek dapat dipandang sebagai sejumlah proses yang terkait
-          Kelompok kelompok Manajemen proyek :
1.      Proses Inisiasi (Initiating Process)
2.      Proses Perencanaan (Planning Process)
3.      Proses Eksekusi (Executing Process)
4.      Proses Pengawasan (Monitoring Process)
5.      Proses Penutupan (Closing Process)


1.      Inisiasi Proyek (Project Intitiating Process)
-          Inisiasi proyek termasuk megenali dan memulai suatu proyek baru atau dase proyek
-          Beberapa organisasi menggunkan fase pra-inisiasi, sedangkan yang lain termasuk item-item sepertu mengembangkan business use case sebagai bagian inisiasi.
-          Tujuan utama à secara formal mmenseleksi dan memulai proyek
-          Keluaran kunci termasuk :
§  Penugasan pimpinan proyek
§  Identifikasi stakeholder kunci
§  Menyelesaikan business case
§  Menyelesaikan project charter dan memperoleh tanda tangan
-          Dokumen – dokumen inisiasi proyek
§  Business case
§  Project charter
§  Tiap organisasi memiliki variasi sendiri dari diokumen apa yang dibutuhkan untuk menginisiasi suatu proyek. Penting untuk mengidentifikasi kenbutuhan proyek. Stakeholders dan tujuan utama.

2.      Perencanaan Proyek (Project Planning Process)
-          Keperluan utama perencanaan proyek untuk mamandu eksekusi
-          Setiap bidang pengetahuan termasuk informasi perencanaan
-          Keluaran kunci termasuk dalam proyrk yaitu :
§  Kontak tim
§  Pernyataan scope
§  Work Breakdown Structure (WBS)
§  Jadwal proyek dalam format gantt chart dengan semua ketergantungan dan sumber daya dimasukkan

3.      Eksekusi Proyek (Project Executing Process)
-          Eksekusi proyek à paling banyak memakan waktu dan sumber daya
-          Pimpinan proyek harus menggunakan kepemimpinannya untuk menangani banyak tantangan yang terjadi selama eksekusi proyek.
-          Laporan Milestone dapat menjaga focus pada penyelesaian milestone utama

4.      Pemantauan dan Pengendalian Proyek (Project Monitoring and Controlling Process)
-          Melinatkan pengukuran kemajuan ke arah objektif proyek, memantau deviasi dari rencana dan mengambil tindakan korektif untuk mencocokkan kemajuan dengan rencana semula.
-          Mempengaruhi seluruh kelompok proses lain dan terjadi dalam seluruh fase siklus hidup tiap proyek
-          Keluaran termasuk : Laporan Kinerja, perubahan-perubahan yang diminta, dan update terhadap rencana yang beragam

5.      Penutupan Proyek
-          Melibatkan penguatan stakeholder dan penerimaan customer pada hasil dan layanan final
-          Bahkan jika proyek tidak selesai, mereka harus secara formal menutup proyek agar mencerminkan apa yang dapat dipelajari untuk memperbaiki proyek berikutnya (evaluasi)
-          Keluaran termasuk : arsip proyek, dan lesson learned, yang merupakan bagian asset proses organisasional
-          Kebanyakan proses juga termasuk laporan final presentasi kepada sponsor atau manajemen senior

No comments:

Post a Comment